Cara Merawat Burung Perkutut Supaya Cepat Gacor

Cara Merawat Burung Perkutut – Hai sobat BurungKicauan.Net yang budiman. Perlu kalian ketahui bahwa burung Perkutut adalah salah satu jenis burung yang mempunyai penggemar tersendiri. Tidak banyak orang yang memelihara burung jenis ini sebagai burung kicau karena suara kicauannya yang sangat monoton. Meskipun demikian, burung perkutut lokal di percaya bisa memberikan kesuksesan, kedamaian, dan ketenangan hidup bagi pemiliknya. Hal inilah yang membuat perkutut tetap mempunyai daya tarik tersendiri bagi para penggemar burung.

Burung perkutut mempunyai nama latin Geopelia sriata. Burung perkutut ini mempunyai beragam jenis spesies. Namun di kalangan para pecinta burung terdapat 2 kelas besar yaitu burung perkutut lokal dan burung perkutut bangkok. Burung perkutut lokal sangat banyak di minati karena di percaya memiliki kekuatan lebih untuk pemiliknya seperti yang saya jelaskan di atas, sedangkan burung perkutut bangkok lebih di sukai karena kicauannya.

Cara Perawtan Burung Perkutut

Cara Perawtan Burung Perkutut

Cara Merawat Burung Perkutut Agar Cepat Gacor

Burung perkutut ini bias dijumpai dimana saja dan juga banyak yang memeliharanya. Akan tetapi dalam memelihara ini sering banyak yang kurang dalam perawatannya. Nah kali ini saya akan memberikan beberapa tips dan trik nih bagaimana cara merawat burung perkutut agar cepat gacor.

Berikut ini berikan tips memelihara keistimewaan burung perkutut lokal maupun Bangkok agar gacor dan rajin manggung :

  • Jika kamu ingin burung perkutut kamu gacor, pilihlah burung perkutut yang berjenis kelamin jantan. Untuk menentukan jenis kelamin burung perkutut jantan dan betina, kamu cukup membedakan sumpit kerapatan kaki kurang lebih 1 cm untuk jenis kelamin jantan, dan untuk jenis kelamin betina sumpitnya lebih renggang. Selain itu juga jantan mempunyai bentuk badan yang besar dan tegak serta ekor menyatu.
  • Lakukanlah pemandian burung secara rutin dengan cara di semprot dengan spray dengan semburat yang paling halus. Lebih baik lagi jika di semprot menggunakan air beras di campur dengan daun sirih sebanyak 1 lembar untuk menghilangkan kutu dan mengkilapkan warna bulu burung perkutut.
  • Selanjutnya jemurlah burung perkutut pada pagi hari mulai pukul 7 sampai 9. Hal ini berfungsi untuk menguatkan dan kebal terhadap panas.
  • Memberikan jenis pakan utama perkutut seperti biji-bijian, rumput serta padi-padian. Selain itu juga dapat di berikan beras merah, milet, butiran jagung, campur makanan pabrik dengan kandungan protein tinggi.
  • Perlu di perhatikan juga, buatlah suasana sekitar yang ramah dengan burung perkutut. Karena kenyamanan burung akan berpengaruh pada fisik dan psikis burung yang juga akan mempengaruhi seni dan kualitas suara perkutut.
  • Pada dasarnya semua burung itu suka dengan kebersihan bahkan ada burung yang cerdas sampai bisa membersihkan kotorannya sendiri, jadi intinya selalu bersihkan kandang burung yang kita miliki supaya dia senang dan insyaallah akan bagus pula burungnya.

Cara merawat Harian Piyikan Perkutut Bangkok

Cara merawat harian piyikan perkutut Bangkok Anakan atau piyikan burung perkutut bangkok yang masih bakalan harus mendapatkan perawatan yang sangat serba kusus ya. Hal ini untuk menunjang agar nantinya menjadi burung dewasa perkutut bangkok yang mempunyai pamor dan kualitas unggul. Ketika burung perkutut bangkok ini masih bakalan, banyak sekali penyakit yang menyerang. Maka, dalam merawat perkutut bakalan haruslah harus sangat-sangat  berhati-hati.

Jika tidak dengan hati-hati, berbagai penyakit akan berdatangan. Banyak perawatan yang dapat dilakukan untuk merawat bakalan perkutut. Di bawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara merawat bakalan yang baik.

  • Jika ingin perkutut cepat untuk manggung, maka janganlah meletakkan burung berkicau jenis yang lain ada di dekat sangkar burung perkutut bangkok ini.
  • Jika di letakkan di tempat yang berdekatan maka burung perkutut bangkok akan lambat manggungnya. Tinggi sangkar yang baik adalah kurang dari 4 meter. Jika meletakkan sangkar dengan ketinggian di atas 4 meter maka burung perkutut akan stres.
  • Apabila burung masih bakalan dan belum rajin berkicaunya, maka jangan pindahkan burung bakalan ini ke tempat lain. Mengapa kok tidak boleh di pindahkan? Itu karena mentalnya bisa terlatih.
  • Waktu memindahkannya pada saat burung sudah mau berkicau setiap harinya. Burung perkutut dapat di pindahkan setelah berumur sekitar 4-5 bulanan.
  • Saat membuat sangkar perkutut, tidakl harus besar. Cukup dengan sangkar yang kecil saja burung perkutut sudah bias untuk hidup. Dan yang terpenting kandang itu nyaman untuk burung perkutut.
  • Jangan memakai kawat jeruji yang kasar. Karena itu bisa menyebabkan perkutut bangkok menjadi terluka.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Cucak Ijo Biar Gacor Terus

Cara Memandikan Burung Perkutut

Hampir semua burung perlu untuk di rawat ya gays, dari mulai burung murai batu, cucak rowo, kacer, pleci atau perkutut. Mungkin setiap burung ada yang sama perlakuannya atau perawatannya tetapi ada juga burung yang berbeda perlakuannya dalam segi perawatan. Seperti halnya burung perkutut burung perkutut. Dalam segi perawatan burung yaitu untuk memandikan ada caranya tersendiri. Untuk memandikan burung perkutut ada beberapa cara yaitu diantara adalah :

  • Pegang badan burung lalu elus-elus badannya dengan tangan yang basah. Lakukan hal tersebut sampai badan burung cukup basah.
  • Pegang badan burung perkutut lalu semprot dengan semprotan. Perlu kamu ingat semprotan setel terlebih dahulu sehingga tidak akan menyakiti burung ketika di semprotkan, karena penyemprotan ini jaraknya cukup pendek.
  • Pegang badan burung perkutut kemudian masukkan kedalam air bersihkan semua bulu yang kamu anggap kotor.

Untuk menghilangkan kutu pada bulu burung, campurkan air dengan remasan daun sirih dan air cucian beras. Dan untuk waktu yang sangat ideal memandikan burung adalah ketika panas di rasa cukup untuk mengeringkan bulu burung yaitu pada jam 09.00-14.00 dan setelah memandikan taruh burung di tempat yang terkena sinar matahari sehingga burung dapat mengeringkan bulunya dengan berjemur.

Burung perkutut adalah burung yang doyan dengan panas jadi jika kamu menaruh burung perkutut dari pagi sampai sore di tempat terbuka saya rasa tidak jadi masalah dengan catatan sangkar burung perkutut memang khusus untuk burung perkutut. Karena sangkar burung perkutut sudah ada tempat penutup di atasnya.

Seandainya burung perkutut di taruh di sangkar biasa (sangkar persegi) jangan sekali-kali menaruh burung ini di tempat terbuka yang terkena panas sepanjang hari walaupun burung perkutut doyan panas. Akan tetapi burung ini juga memiliki batas maksimal dia menerima panas matahari kalau di paksakan setiap hari seperti itu bisa-bisa burung mati.

Seberapa sering burung perkutut harus di mandikan?? Jawabannya adalah berbeda-beda untuk masing-masing perkutut tergantung dari karakter si burung itu sendiri. Untuk perkutut yang tergolong liar, sebaiknya dua hari sekali di mandikan. Akan tetapi jika perkutut kamu tidak liar cukup di mandikan 1-2 minggu sekali saja.

Dalam memandikan burung, entah itu burung apa saja harap untuk melihat kondisi burungnya ya. Jika burung dalam kondisi badan yang kurang fit jangan sekali-sekali memandikannya kalau kita paksa untuk memandikan bisa berakibat fatal akibatnya.

Demikianlah ulasan tentang Cara Merawat Burung Perkutut, semoga bermanfaat ya….

Cara Perawatan Burung Lainnya

“Cara Merawat Burung Perkutut Supaya Cepat Gacor”

(Visited 77 times, 1 visits today)

Leave a Reply