Cara Merawat Burung Lovebird Untuk Masteran Dan Lomba

Cara Merawat Burung Lovebird Untuk Peliharaan Atau Lomba – Banyak pecinta lovebird hendak memelihara burung ini karena untuk peliharaan di rumah, baik lovebird suara maupun lovebird warna. Dan tak sedikit juga yang ingin menjadikannya sebagai burung lomba, terutama lovebird suara. Juga banyak pemelihara yang merawat serta memelihara lovebird sejak usia burung masih sangat muda hingga menjadi masteran, melakukan perawatan sangat diperlukan maka dari itu disini saya membagikan tips atau cara merawat burung lovebird bagi sobat yang belum mengetahui caranya.

Sahabat, di dalam memelihara burung jenis ini harus di pelihara dengan sebaik mungkin. Maka, kedepannya akan memiliki performa bagus di lapangan. Khusus untuk pecinta lovebird yang punya peliharaan lovebird yang masih muda, tugas yang sebaiknya dilakukan mesti dilakukan yaitu melatih dan merawatnya. Agar punya stamina cukup serta terpancing rajin bunyi. Berikut ini adalah Cara Merawat Burung Lovebird Masteran, yuk simak pembahasannya di bawah.

Perawatan Burung Lovebird
Perawatan Burung Lovebird

Cara Lovebird Ngekek Panjang Saat Lomba

Memandaikan Lovebird

Cara Merawat Burung Lovebird Agar lovebird dapat ngekek panjang, hal yang pertama yaitu lakukan terapi saat pukul 07.00, lovebird dimandikan dengan memakai hand sprayer sampai basah kuyub. Bila selama ini kamu membiarkan burung mandi pada bak mandi karamba.

Sobat kicau mania dapat menggantikannya dengan cara di semprot dahulu. Dan untuk terapi ini sebisa mungkin kamu sebaiknya menyemprot Lovebird dari atas bagian kepala dan tidak terkena pada bagian mata.

Penjemuran

Setelah lovebird di mandikan, Cara Merawat Burung Lovebird yang kedua agar mempunyai ngekek panjang dengan cara lovebird di jemur sampai pukul 10.00, penjemuran lovebird dapat  di lakukan di teras rumah. Kamu juga harus pastikan lokasi penjemurannya itu aman dari hewan-hewan predator misalnya saja seperti kucing, ular, tikus, semut, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari dari hal-hal yang tidak dikehendaki, maka kamu dapat menaruhnya pada tempat yang memang jauh dari jangkauan predator tersebut. Dan sesudah dijemur sebaiknya segera diangkat, dalam waktu 5 menit anda bisa mengangin anginkannya, karena lovebird butuh adaptasi.

Apa bila lovebird dari suhu yang panas selanjutnya dipindahkan pada ruangan yang memiliki suhu normal, pastinya akan kurang baik bagi kesehatan dari tubuh Lovebird.

Baca Juga : Download Suara Burung Lovebird

Menjaga Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang lovebird haruslah dijaga, jangan Jangan sepelekan tentang kebersihan kandang. Karena kebersihan kandang merupakan factor yang dapat menjaga kesehatan burung lovebird.

Mana mungkin lovebird memiliki suara yang indah, bila memiliki badan yang sakit. Yang ada malah bisa membuat lovebird kamu malas untuk berbunyi dan juga malas untuk aktif. Nah, maka dari itu, kebersihan menjadi suatu hal yang utama yang harus di perhatikan untuk bisa mendapatkan kualitas burung peliaharaan yang baik.

Karena kotornya kandang bisa di sebabkan oleh beberapa hal, seperti sisa makanan yang jatuh kebawah kandang yang membusuk dan kotoran yang dikeluarkan dari burung peliharaan tersebut.

Melatih Suara

Sama halnya seperti layaknya para penyayi, lovebird pun perlu untuk di latih suaranya, supaya dapat menghasilkan kicauan yang indah. Dalam melatih suara lovebird agar menjadi masteran, sebaiknya dilakukan pada umur 5 bulan, karena pada umur tersebut belum banyak mengeluarkan suara kicauan andalannya.

Akan tetapi, bagi yang sudah mempunyai umur di atas 5 bulan, maka bisa dengan memberikan suara masteran dari lawan latihan. Dan bisa dengan memperdengarkan suara burung kicauan dari audio mp3 yang bisa di download di Internet.

Pemberian Pakan

Ada banyak jenis pakan atau makanan yang bisa di konsumsi oleh lovebird. Misalnya seperti millet, jagung manis, apel, biji kenari, toge, kangkung dan makanan kesukaan lovebird lainnya.

Dan untuk kamu yang mempunyai lovenbird yang memiliki gairah yang turun, maka bisa dengan memberikan pakan yang mampu untuk meningkatkan atau memberikan gairah burung lovebird, sehingga rajin untuk ngekek atau berbunyi. Akan tetapi, sebaiknya hindari makanan tersebut terlalu banyak, karena dapat membuat burung lovebird menjadi over birahi yang justru sulit untuk dilatih.

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang Dan Rajin

Untuk dapat membuat lovebird ngekek panjang dan juga rajin, kita harus terlebih dahulu mengetahui beberapa poin di bawah ini :

Dilihat dari Faktor Keturunan dan Lingkungan

Supaya lovebird dapat rajin bunyi, maka harus di perhatikan terlebih dahulu dari keturunan dan juga lingkungan. Karena, faaktor keturunan yang bisa membuat lovebird ngekek berdurasi panjang hanyalah berkisar 40-50%. Dan untuk suatu lingkungan sendiri,  burung cinta (lovebird) bisa dilihat dari suasana tempat yang ditempati burung itu sendiri.misalnya dari model, bentuk, keadaan kandang. Kedua faktor ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan burung mau ngekek panjang atau tidaknya.

Perhatikan Makanan yang Diberikan

Burung lovebirdakan lebih baik jika diberi jagung muda, sayuran serta EF seperti biji-bijian yang berkualitas baik. Di samping itu, pemberian multivitamin juga mampu merangsang sebuah pembentukan hormon testosteron. Bila asupan nutrisi sudah terpenuhi maka lovebird anda pasti akan merasa sehat, bermental baik, daya tahan tubuh yang kuat serta lovebird rajin bunyi dan panjang.

Cuaca Dan Juga Pemasteran

Kadang-kadang perbedaan cuaca yang tidak menentu dan pola perawatan sobat yang tidak BENAR, ini akan mengakibatkan Lovebird anda menjadi mudah sakit. Bila dalam hal pemasteran, anda bisa melakukannya terhadap lovebird muda. Dan caranya pun cukup mudah yaitu dengan menempelkan sangkar di dekat burung masteran. Kamu harus melakukan pemasteran secara rutin, atau bisa juga setiap hari. Dan perlu untuk di ingat, pemesteran Lovebird sejak dini sangat memiliki pengaruh apalagi disaat ingin diikutsertakan kontes dan lomba burung. Ada banyak sekali suara masteran yang baik untuk lovebird antara lain, Cililin, Kenari, Belalang, Tengkek Buto, Cucak Jenggot, dan Ciblek Gunung.

Perawatan

Cara perawatannya pun perlu di perhatikan, kamu harus memandikan Lovebird pada pagi hari, dengan cara menyemprotkannya menggunakan spray. Dan lakukan ini pada sekitaran jam 7, penjemuran pada lovebird juga perlu dilakukan.  Lakukanlah penjemuran selama kurang lebih 1 jam disaat matahari cerah. Kemudian buatlah lovebird kamu merasa senyaman mungkin karena dengan membuat si burung nyaman, ini akan mempercepat proses perawatan lovebird rajin bunyi dan panjang.

Terdapat sedikit perbedaan antara cara merawat lovebird harian dan merawat lovebird menjelang lomba agar juara. Dan dalam perawataan lovebird harian mungkin tidak serumit ketika ingin lomba. Itu di karenakan menyiapkan burung yang ingin di perlombakan kita harus memperhatikan birahi agar pas dan mau ngekek panjang di gantangan.

Cara Merawat Lovebird Biar Cepat Gacor

Makanan lovebird Biar Gacor

Sebuah pertumbuhan burung termasuk perkembangan dalam kemampuan berkicaunya, juga begitu dipengaruhi dengan pakan yang diberikan pada tiap harinya.

Supaya kebutuhan berbagai macam nutrisi yang di butuhkan oleh burung dapat tercukupi dengan sempurna. Oleh sebab itu, di anjurkan pemberian makanan lovebird agar gacor di berikan dengan bervariasi.

Dan makanan lovebird yang harus di berikan di tiap harinya juga begitu mempengaruhi potensi burung dalam kedepannya.

Memberikan Multivitamin

Pemberian multivitamin bertujuan agar lovebird selalu terjaga kesehatan dan untuk menunjang perkembangan pada segi kemampuan berkicaunya. Tapi, dalam upaya menjaga kesehatan burung begitu pun guna mengembangkan kualitas gacornya, sebenarnya tidak hanya harus di lakukan dengan cara memberikan multivitamin saja. Namun, jika sobat selalu menjaga kesterilan sangkar dan juga rutin dalam memandikannya maka akan lebih efektif dan lebih berhasil.

Baca Juga : Makanan Burung Kicauan

Disamping itu, ada satu hal yang perlu di ingat bahwa multivitamin hanya berperan sebagai pendukung saja untuk keberhasilan burung lovebird menjadi lebih sehat dan memiliki gacor ngekek yang panjang. Yang lebih penting dan paling berpengaruh terhadap kesehatan sekaligus perkembangan berkicau burung adalah pada pola perawatan lovebird harian yang di berikan. Dapat berupa setelan harian yang berupa pemasteran, pemandian semprot ataupun keramba, pemberian pakan, dan lain sebagainya.

Demikian tadi adalah ulasan singkat mengenai Cara Merawat Burung Lovebird Untuk Masteran yang telah saya rangkum sedemikian rupa. Untuk semua pecinta lovebird semoga bemanfaat dan menambah informasi ya, terima kasih, salam kicau.

Perawatan Burung Lainnya

=>> Cara Merawat Burung Murai Batu

=>> Cara Merawat Burung Perkutut

=>> Cara Merawat Burung Kacer

=>> Cara Merawat Burung Cucak Ijo

(Visited 140 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *