Cara Merawat Burung Ciblek Agar Rajin Bunyi Dan Ngebren

Cara Merawat Burung Ciblek Agar Rajib Bunyi Dan Jinak – Burung ciblek merupakan jenis burung yang mempunyai postur tubuh mini tetapi terkenal sebagai burung petarung yang sejati (fighter). Burung ini mempunyai suara tembakan yang mampu memekakan telinga dengan nada kicauannya yang sangat tinggi. Sebagian burung Ciblek biasanya mudah di master dengan jenis burung lain.Ciri khas dari suara Ciblek yaitu sering mengeluarkan ngebren atau nada tembakan. Nada tembakan yaitu nada keras yang di keluarkan burung dengan tempo suara yang tidak begitu rapat. Sedangkan arti dari ngebren adalah nada burung Ciblek yang di keluarkan dengan tempo rapat, tinggi dan cukup keras.

Jangan pernah remehkan si kecil yang satu ini ya sobat. Meskipun mempunyai badan yang jauh lebih kecil daripada anis merah suara tembakan apalagi ngebrennya jauh lebih memekakan telinga lho, dan juga untuk Cara Merawat Burung Ciblek ini terbilang lumayan sulit, perlu tahapan dan kebiasaan dalam merawatnya.

Ya itulah salah satu kelebihan dari burung ciblek ini. Bahkan burung ini pun di kenal sebagai petarung sejati (fighter). Burung ini seperti halnya burung murai batu.  Jadi ketika bertemu burung ciblek lain terutama sesama pejantan akan langsung adu suara di tambah gayanya yang menaik naikkan ekor seperti murai batu yang sedang ngeplay, tetapi lebih tegak. Di tambah lagi dengan gaya menaik turunkan badan agar terlihat lebih tinggi mungkin.

Jika berada di alam liar, burung ini biasa terlihat bersama satu atau dua ekor betinanya. Ketika mendengar suara burung ciblek lainnya biasanya burung ciblek jantan segera mencari sumber suara tersebut. Atau dengan bertengger di pohon yang cukup tinggi lalu berkicau dengan keras dan lantangnya.

Cara Perawatan Ciblek Kristal

Cara Perawatan Ciblek Kristal

Cara Merawat Burung Ciblek Supaya Rajin Berbunyi

Jika ingin memiliki burung Ciblek yang rajin bunyi dan bermental tangguh, kita harus merawat burung tersebut dengan baik. Nah bagi kamu para Ciblek Mania, peru tahu apa saja cara merawat Ciblek agar rajin bunyi sehingga menjadi salah satu burung yang bias membanggakan.

Faktor dalam perawatan Ciblek agar rajin berbunyi itu harus konsisten. Mulai dari pengembunan, mandi, penjemuran, pemberian pakan, pemberian ekstra fooding dan pemberian vitamin. Jika kamu merawat Ciblek hanya setengah-setengah maka burung kamu jelas tidak akan gacor dan ngebren.

Dalam hal perawatan Ciblek yang utama yang harus kita tahu adalah makanan harian dan ekstra fooding agar burung kamu mau gacor dan ngebren. Nah apa aja sih makanan yang membuat burung Ciblek itu mau ngebren ? berikut ini adalah  Pakan Harian Ciblek dan Ekstra Foodingnya :

  • Jangkrik kecil atau bisa juga jangkrik yang sudah dewasa kemudian di potong bagian sayap, kepala dan juga kakinya.
  • Ulat (ulat kandang atau ulat hongkong).
  • Voer bertekstur lembut.
  • Susu bubu (sebagai campuran voer).

Sebenarnya bukan hanya makanan saja yang membuat burung Ciblek kamu gacor dan ngebren secara setabil. Maka dari itu kita juga harus tahu cara merawat ciblek yang baik dan benar. Berikut ini adalah cara merawat ciblek yang baik dan benar !

  • Pada pagi hari sekitar jam 06.00 buka kerodong pada sangkar burung, kemudian gantungkan pada pepohonan tau pada teras rumah jika di rumah kamu tidak ada pohon. Usahakan ketika matahari terbit ciblek terkena sinarnya (jika matahari belum terbit pukul 06.00). Beri sepertiga sendok teh kroto atau ulat kandang, jika tidak ada kamu bisa memberikan 5 ekor ulat hongkong yang kepalanya sudah di buang sebelumnya. Jika memungkinkan putarkan suara gemercik air sampai waktu burung untuk mandi atau suara ciblek betina (jika suara ciblek betina sebaiknya 5 sampai 10 menit saja).
  • Pukul 07.00 mandikan burung dengan semprotan atau dengan keramba sesuaikan kebiasaan burung. Mandikan sampai basah kuyup jika ada matahari. tetapi kalau tidak ada sebaiknya jangan di mandikan.
  • Setelah mandi berikan 3 – 4 ekor jangkrik berukuran kecil atau sedang. Ingat buang semua kaki dan kepalanya ya. Juga berikan lagi setengah sendok teh kroto atau ulat kandang . Sebisanya jangan ulat hongkong tetapi jika tidak ada kroto atau ulat kandang bisa di berikan 5 ekor ulat hongkong.

Note : Kenapa saya tidak menyarankan pemberian ulat hongkong ? Itu karena pemberian ulat hongkong yang secara terus menerus dan tidak terukur dapat membuat burung malah gacor sementara tapi selanjutnya melempem. Yang lebih parah burung akan mengalami sakit mata bahkan pernah ada kejadian di mana bola mata burung ciblek keluar karena rutin di beri ulat hongkong secara tidak tepat. Jika terpaksa memberi ulat hongkong sebaiknya beri makan ulat hongkong itu potongan wortel atau sayuran lain sebelum dib erikan kepada burung ciblek. Ulat hongkong boleh di berikan ketika cuaca ekstrim seperti hujan yang di barengi angin kencang.

  • Setelah di mandikan dan di beri makan angina-anginkan burung di teras selama 15 menit kemudian jemur burung sampai jam 09.00. Tapi lihat juga kondisi burung karena ada burung ciblek yang tahan panas ada juga yang sebentar saja sudah kelimpungan. Jadi sesuaikan juga dengan daya tahan ciblek bakalan kamu ya (kepanasan ditandai dengan membuka mulut atau mengap-mengap). Minimal penjemuran di lakukan sampai bulunya kering dan maksimal sampai jam 10.00.

Cara Merawat Ciblek Supaya Cepat Gacor Dan Ngebren

Bagaimana cara merawat burung ciblek agar cepat gacor dengan ngebren rapatnya di lapangan . . . .? Kali ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa tips dan trick menjadikan burung ciblek gacor dan ngebren. Silahkan kalian simak beberapa penjelasan berikut ini.

Memilih Burung Ciblek Bakalan Yang Prospek

Semua burung kicau yang sukses menjadi juara pasti berawal dari pemilihan burung bakalan yang bagus, tak terkecuali dalam merawat burung ciblek sehat dari segi fisiknya dan prosfek mental gantang untuk kedepannya.Yang terpenting lagi jangan memilih ciblek yang cacat ya sobat.

Pemberian Pakan Voer

Yang biasa digunakan untuk burung ciblek adalah voer halus , sekarang ini sudah banyak mereknya dan semakin mudah untuk di dapatkan sebagai menu utama dalam merawat burung ciblek ini.

Pemberian Extra Fooding

Setiap burung kicau tipe petarung biasanya di berikan EF hewani berupa jangkrik, kroto,ulat hongkong dan ulat kandang begitu juga dalam merawat burung ciblek.

Pemandian Burung

Mandikan burung ciblek Seperti halnya pada perawatan burung-burung pada umumnya, lakukan pemandian burung ciblek ini secara rutin setiap harinya agar terjaga kkebersihannya , waktu memandikan burung ini di pagi hari dan juga sore hari dengan cara di semprot dengan spray boleh juga menggunakan keramba.

Penjemuran

Penjemuran di lakukan setelah burung ciblek di mandikan , penjemuran di lakukan kurang lebih selam 2 sampai 3 jam setiap harinya dalam merawat burung ciblek.

Kebersihan Sanngkar

Kebersihan sangkar burung hendaknya juga harus selalu di jaga , karena kebersian sangkar erat kaitannya dengan kesehatan burung dan juga pemiliknya . Sangkar yang bersih juga akan membuat burung nyaman dan rajin berkicau.

Pemasteran

Proses ini juga di butuhkan dalam merawat burung ciblek. Pemasteran di lakukan setelah burung di jemur, pemasteran di lakukan dengan burung keadaan di kerodong. Kasih suara masteran untuk ciblek misalnya menggunakan mp3 yang di putar 1 kali berulang-ulang.

Umbaran

Umbaran ialah sangkar besar untuk burung melakukan olah raga . Tujuannya agar burung lebih sehat, enerjik dan staminanya semakin kuat , napas pun juga akan semakin panjang.

Latihan Bersama

Undang teman atau tetangga kamu untuk melakukan latihan bersama – sama . Hal yang harus di ingat adalah apabila latihan sudah berlangsung jangan terlalu mendekatkan burung yang masih muda dengan burung yang sudah mapan usia.

Test Lapangan

Jika latihan di rumah sudah sering kamu lakukan, sekali – kali ajak jalan – jalan burung ciblek kamu ke arena lomba , 1 – 3 kali tidak usah di gantang, biarkan dia beradaptasi di lapangan, sehingga apabila sudah sering , dia akan memperlihatkan jiwa fighternya. Dan siap untuk di turunkan di ajang lomba tersebut .

Baca Juga :Download Suara Burung Ciblek Kristal

Cara Merawat Burung Ciblek Lebih Dari Satu

Burung ciblek memang mempunyai naluri untuk bersaing dan bertarung, jika sobat ingin memeliharanya lebih dari 1, ada baiknya kamu simak cara Memelihara Ciblek Lebih dari Satu berikut ini agar mencapai kesehatan dan perawatan yang terbaik untuk semua burung yang di pelihara, berikut selengkapnya.

Pemeliharaan Awal (Masa Adaptasi)

  • Pahami karakter masing-masing burung ciblek peliharaan kamu, awalnya burung ciblek peliharaan yang memiliki naluri fighter awalnya pasti akan saling serang.
  • Biasakan menempatkan beberapa burung ciblek peliharaan fighter dalam 1 ruangan agar mereka saling kenal dan terbiasa.
  • Lakukan hal tersebut selama kurang lebih selama 2 Minggu.

Perawatan Harian

  • Mulai jam 05. 00 atau sesudah Sholat Shubuh burung ciblek peliharaan di keluarkan semua dari dalam rumah untuk di embunkan.
  • Jam 07.00 ganti air minum burung ciblek peliharaan dengan yang baru, bersihkan semua kotoran yang menempel, kemudian cuci sangkar harian dengan menggunakan setiap 1 minggu sekali.

Berikan Masing-Masing 3 Ekor Jangkrik.

  • Jam 08. 00 burung ciblek peliharaan di jemur selama 3 jam secara berdampingan tanpa ada sekat, biarkan satu sama lain untuk saling kenal.
  • Jam 10. 00 burung ciblek peliharaan kembali dimasukan ke dalam kamar penyimpanan, untuk menjaga staminanya berikan 5 tetes vitamin setiap hari dan di ganti dengan yang baru.
  • Kemudian pada jam 15. 00 burung ciblek peliharaan kembali di keluarkan dari dalam rumah, angin anginkan sekitar 15 menit.
  • Mandikan burung ciblek peliharaan dengan cara keramba dengan menggunakan Shampo.
  • Angin-anginkan burung ciblek peliharaan selama 20 menit, kemudian masukan burung ciblek peliharaan ke dalam kamar penyimpanan dengan cara di kerodong sampai ke esokan harinya. Jangan letakkan sangkat terlalu dekat.
  • Usahakan jika mempunyai burung ciblek peliharaan petarung lebih dari 1 atau sejenis maupun tidak sejenis, agar menempatkan tidak terlalu dekat, usahakan burung ciblek peliharaan di kerodong jika di letakkan di dalam rumah dan tidak saling bertatapan.
  • Kalaupun bisa penempatan di atur sedemikian rupa, (salah satu di taruh di depan, dan satunya di bagian belakang rumah)
  • Jika ruangan terbatas, usahakan di atur tidak dalam satu ruangan

Evaluasi Mental Burung

Perhatikan beberapa hari atau beberapa minggu, jika dengan beberapa tips tersebut masih ada salah satu burung ciblek peliharaan yang drop ini bisa di indikasikan, burung ciblek peliharaan tersebut sudah down secara mental. Dan jika hal ini terjadi, ungsikan salah satu burung ciblek peliharaan ke rumah lain, atau bahkan dapat di titipkan ke tempat teman yang tidak mempunyai burung ciblek peliharaan sejenis

Jika Burung Ciblek Memiliki Umur yang Berbeda

Jangan menempatkan burung ciblek peliharaan apapun yang masih muda di dekat burung ciblek yang senior. Jika untuk tujuan pemasteran, burung ciblek peliharaan yang muda di kerodong dan jangan di tempel atau di gantang berdekatan.

Jika Salah Satu Burung Ciblek Mabung

Jangan menempatkan burung ciblek yang sedang mabung di dekat burung ciblek apapun yang sedang fit, kalau untuk tujuan pemasteran, burung ciblek peliharaan yang mabung di kerodong dan juga jangan ditempel/ digantang berdekatan.

Jika Burung Ciblek Memiliki Kualitas Kicau yang Berbeda

Jangan memelihara burung ciblek peliharaan yang “bersuara  merdu” untuk berdekatan dengan jenis burung ciblek peliharaan lainnya. Hal itu bisa merendahkan mental burung ciblek lain yang lebih muda atau yang masih dalam tahap pemasteran dan pembelajaran. Jika memang sobat kicau mempunyai beberapa burung ciblek dengan kualitas suara kicauan yang berbeda sobat bisa memisahkan tempatnya agar tidak terlalu dekat.

Rutin Jemur di Sinar Matahari

Pagi hari mulai buka kerodong terus gantung di luar rumah, ini yang di namakan die mbunembunkan, perlakuan ini sebenarnya berlaku juga hampir semua jenis burung ciblek peliharaan. Mereka senang dengan suasana pagi menjelang matahari terbit. Maka jangan Lupa untuk membedakan tempat agar tak berdekatan.

Berikan Pakan Sesuai Kebutuhan Atau Sesuai Umur

Burung ciblek peliharaan di berikan makan extra fooding berupa jangkrik kecil 2-3 ekor di tambah kroto ¼  ½ sendok teh dan ulat hongkong 2 sd 4 ekor. Untuk extra fooding ini tidak mengikat boleh di sesuaikan dengan settingan masing-masing.

Lakukan Perawatan Dengan Bersamaan di Tempat yang Berjauhan

Burung ciblek peliharaan di mandikan dengan cara semprotan halus dan lembut supaya burung ciblek tidak kaget. Mandikan perlahan sampai burung ciblek peliharaan basah semua. Setelah mandi di lanjutkan penjemuran. Penjemuran bisa dilakukan setelah jam 07.00 wib sampai jam 09.00 wib.

Setelah penjemuran burung ciblek peliharaan ciblek gantung di tempat teduh. Boleh di dekatkan sebentar dengan burung ciblek peliharaan yang bersuara atau ingin menggesek dengan burung ciblek peliharaan sudah jadi. Setelah itu burung ciblek peliharaan di kerodong, hal ini juga untuk mengurangi hawa panas pada siang hari dan dekatkan pada burung ciblek peliharaan kicau lainnya.

Cara Perawatan Burung Lainnya

Demikian tadi informasi tentang cara merawat burung ciblek dan juga cara melatih burung ciblekk supaya mempunyai gacoran yang ngebren. Burung ciblek memang belum populer seperti burung kenari ataupun cucak ijo sehingga jangan heran kalau harga dari burung ini tergolong murah ketimbang burung kicau pada umumnya.

(Visited 208 times, 1 visits today)

Leave a Reply