Setahun yang lalu, jumlah gantangan untuk kelas cucak jenggot bisa di hitung dengan jari. Namun, pada tahun 2011 ini kenyataan tersebut justru berbanding terbalik. Entah di event sekelas latber ato lomba sekalipun, kelas Cucak Jenggot selalu di penuhi oleh peserta, terutama untuk daerah Jawa Tengah dan Jakarta. Mungkin, fenomena ini pun terjadi untuk daerah-daerah lain.

Yang lebih mencengangkan, harga cucak jenggot menggila layaknya kapas tembak yang sudah ngetrend terlebih dahulu. Menurut beberapa sumber, harga Cucak Jenggot eks lomba bisa mencapai 20 juta. Bahkan, harga Cucak Jenggot bakalan dan rumahan pun ikut menggila. Di beberapa pasar burung, harga bakalan yang semula berkisar antara 60-80 ribu, sekarang mulai naik menjadi 120-150.

Untuk burung rumahan yang memiliki volume keras, crecetan tajam rapet dan isian komplit, harganya bisa mencapai 1 jutaan meski belum pernah turun ke lapangan sekalipun.

Apakah trend Cucak Jenggot pada saat ini akan bertahan sampai lama? Kita tunggu saja 1-2 tahun kedepan. Semoga saja Cucak Jenggot mampu menyaingi kapas tembak ato bahkan Anis Merah bukan hanya dalam hal harga, tapi juga ketenaran heuheue…

Sumber: KM