Apabila kita ingin memelihara seekor burung kicauan, entah itu burung rumahan ataupun yang diproyeksikan untuk lomba, tentu burung yang berkelamin jantan lah yang akan dikejar. Mengapa demikian? Tak bisa dipungkiri bahwa burung jantan memiliki nilai lebih, baik dari segi ekonomi maupun kicauanya sendiri. Jikalau pada posting sebelumnya telah dibahas bagaimana cara membedakan anis merah jantan, sekarang giliran kita untuk mengetahui ciri-ciri anis kembang jantan dan betina. Apakah cukup sulit? Jawabanya bisa iya dan bisa tidak.

Biar tidak makin melenceng dari topik, berikut ini adalah tips sederhana cara membedakan anis kembang jantan dan betina.

1. Ciri-ciri anis kembang jantan
– Mata menonjol keluar.
– Bulu pada bagian pantat di sekitar dubur, anis kembang jantan memiliki warna putih berpola gambar awan hitam tipis.
– Punglor kembang jantan memiliki suara yang cukup keras dan nyaring.

2. Ciri-ciri anis kembang betina
– Mata tidak menonjol keluar alias datar.
– Warna bulu pada bagian pantat tidak berpola alias putih polos
– Suara punglor kembang betina cenderung keras saja dan tidak terlalu nyaring.

Selain ciri-ciri diatas, tentu masih ada ciri-ciri lain dari anis kembang jantan dan anis kembang betina. Sayangnya, sampai saat ini tidak banyak sumber informasi yang mengulas lebih dalam tentang ciri-ciri anis kembang jantan dan betina. Oleh karena itu jika para pengunjung memiliki informasi lebih detail tentang cara membedakan anis kembang jantan dan betina, mohon kerelaanya untuk berbagi pengalaman disini.