Burung Kicauan https://burungkicauan.net Burung Kicauan - Tempat diskusi dan berbagi tentang burung kicauan Mon, 16 Jan 2017 07:17:48 +0000 en-US hourly 1 cara membedakan anis kembang jantan dan betina https://burungkicauan.net/2017/01/16/cara-membedakan-anis-kembang-jantan-dan-betina/ https://burungkicauan.net/2017/01/16/cara-membedakan-anis-kembang-jantan-dan-betina/#respond Mon, 16 Jan 2017 06:20:24 +0000 http://burungkicauan.net/?p=36 anis kembang jantan dan betina

Apabila kita ingin memelihara seekor burung kicauan, entah itu burung rumahan ataupun yang diproyeksikan untuk lomba, tentu burung yang berkelamin jantan lah yang akan dikejar. Mengapa demikian? Tak bisa dipungkiri bahwa burung jantan memiliki nilai lebih, baik dari segi ekonomi maupun kicauanya sendiri. Jikalau pada posting sebelumnya telah dibahas bagaimana cara membedakan anis merah jantan, sekarang giliran kita untuk mengetahui ciri-ciri anis kembang jantan dan betina. Apakah cukup sulit? Jawabanya bisa iya dan bisa tidak.

Biar tidak makin melenceng dari topik, berikut ini adalah tips sederhana cara membedakan anis kembang jantan dan betina.

1. Ciri-ciri anis kembang jantan
- Mata menonjol keluar.
- Bulu pada bagian pantat di sekitar dubur, anis kembang jantan memiliki warna putih berpola gambar awan hitam tipis.
- Punglor kembang jantan memiliki suara yang cukup keras dan nyaring.

2. Ciri-ciri anis kembang betina
- Mata tidak menonjol keluar alias datar.
- Warna bulu pada bagian pantat tidak berpola alias putih polos
- Suara punglor kembang betina cenderung keras saja dan tidak terlalu nyaring.

Selain ciri-ciri diatas, tentu masih ada ciri-ciri lain dari anis kembang jantan dan anis kembang betina. Sayangnya, sampai saat ini tidak banyak sumber informasi yang mengulas lebih dalam tentang ciri-ciri anis kembang jantan dan betina. Oleh karena itu jika para pengunjung memiliki informasi lebih detail tentang cara membedakan anis kembang jantan dan betina, mohon kerelaanya untuk berbagi pengalaman disini.

The post cara membedakan anis kembang jantan dan betina appeared first on Burung Kicauan.

]]>
anis kembang jantan dan betina

Apabila kita ingin memelihara seekor burung kicauan, entah itu burung rumahan ataupun yang diproyeksikan untuk lomba, tentu burung yang berkelamin jantan lah yang akan dikejar. Mengapa demikian? Tak bisa dipungkiri bahwa burung jantan memiliki nilai lebih, baik dari segi ekonomi maupun kicauanya sendiri. Jikalau pada posting sebelumnya telah dibahas bagaimana cara membedakan anis merah jantan, sekarang giliran kita untuk mengetahui ciri-ciri anis kembang jantan dan betina. Apakah cukup sulit? Jawabanya bisa iya dan bisa tidak. Biar tidak makin melenceng dari topik, berikut ini adalah tips sederhana cara membedakan anis kembang jantan dan betina. 1. Ciri-ciri anis kembang jantan - Mata menonjol keluar. - Bulu pada bagian pantat di sekitar dubur, anis kembang jantan memiliki warna putih berpola gambar awan hitam tipis. - Punglor kembang jantan memiliki suara yang cukup keras dan nyaring. 2. Ciri-ciri anis kembang betina - Mata tidak menonjol keluar alias datar. - Warna bulu pada bagian pantat tidak berpola alias putih polos - Suara punglor kembang betina cenderung keras saja dan tidak terlalu nyaring. Selain ciri-ciri diatas, tentu masih ada ciri-ciri lain dari anis kembang jantan dan anis kembang betina. Sayangnya, sampai saat ini tidak banyak sumber informasi yang mengulas lebih dalam tentang ciri-ciri anis kembang jantan dan betina. Oleh karena itu jika para pengunjung memiliki informasi lebih detail tentang cara membedakan anis kembang jantan dan betina, mohon kerelaanya untuk berbagi pengalaman disini.

The post cara membedakan anis kembang jantan dan betina appeared first on Burung Kicauan.

]]>
https://burungkicauan.net/2017/01/16/cara-membedakan-anis-kembang-jantan-dan-betina/feed/ 0
Ciri-Ciri Cucak Ijo Jantan dan Betina https://burungkicauan.net/2017/01/16/ciri-ciri-cucak-ijo-jantan-dan-betina/ https://burungkicauan.net/2017/01/16/ciri-ciri-cucak-ijo-jantan-dan-betina/#respond Mon, 16 Jan 2017 06:15:21 +0000 http://burungkicauan.net/?p=33 Ciri-Ciri Cucak Ijo Jantan dan Betina, Ciri Cucak Ijo Jantan dan Betina

Pecinta cucak ijo di seluruh nusantara tentu paham betul bahwa untuk membedakan cucak ijo jantan dan betina pada usia dewasa tidaklah sulit. Pendapat ini bukan mengada-ada mengingat ciri-ciri cucak ijo jantan dewasa sangat kontras di banding dengan cucak ijo betina. Apabila sudah berganti bulu dewasa, ciri yang paling jelas terlihat pada cucak ijo jantan adalah munculnya topeng hitam di bagian kepala. Sementara untuk cucak ijo betina, ciri-ciri nya mulus tanpa topeng hitam. Ini jelas jauh lebih mudah ketimbang mencari ciri-ciri anis merah jantan.

Namun pertanyaanya, bagaimana jika kita ingin membeli cucak ijo yang masih trotol? Bagaimana cara membedakan cucak ijo jantan dan betina pada usia tersebut? Berdasar informasi yang beredar di internet, ciri-ciri cucak ijo jantan dan betina adalah sebagai berikut.

1. Ciri-ciri cucak ijo jantan trotol atau bakalan
- Alis mata berwaran kuning
- Paruh bagian bawah berwarna coklat tua
- Warna leher terdapat trotol atau bintik-bintik hitam

2. Ciri-ciri cucak ijo betina trotol atau bakalan
- Alis mata berwarna putih atau kuning pudar
- Paruh bagian bawah berwarna putih abu-abu
- Warna leher berwarna hijau terang

Meski ciri-ciri diatas bisa digunakan sebagai panduan dalam memilih cucak ijo bakalan, namun hal tersebut tidaklah mutlak. Ada kalanya ciri-ciri cucak ijo jantan dan betina diatas telah di manipulasi oleh para pedagang burung. Oleh karena itu, tetaplah waspada dalam membeli.

Mengingat ciri-ciri cucak ijo jantan dan betina diatas masih kurang sempurna, ada baiknya kita tetap belajar dari pengalaman masing-masing tentang bagaimana cara membedakan cucak ijo jantan dan betina dengan tepat.

Semoga bermanfaat

The post Ciri-Ciri Cucak Ijo Jantan dan Betina appeared first on Burung Kicauan.

]]>
Ciri-Ciri Cucak Ijo Jantan dan Betina, Ciri Cucak Ijo Jantan dan Betina

Pecinta cucak ijo di seluruh nusantara tentu paham betul bahwa untuk membedakan cucak ijo jantan dan betina pada usia dewasa tidaklah sulit. Pendapat ini bukan mengada-ada mengingat ciri-ciri cucak ijo jantan dewasa sangat kontras di banding dengan cucak ijo betina. Apabila sudah berganti bulu dewasa, ciri yang paling jelas terlihat pada cucak ijo jantan adalah munculnya topeng hitam di bagian kepala. Sementara untuk cucak ijo betina, ciri-ciri nya mulus tanpa topeng hitam. Ini jelas jauh lebih mudah ketimbang mencari ciri-ciri anis merah jantan. Namun pertanyaanya, bagaimana jika kita ingin membeli cucak ijo yang masih trotol? Bagaimana cara membedakan cucak ijo jantan dan betina pada usia tersebut? Berdasar informasi yang beredar di internet, ciri-ciri cucak ijo jantan dan betina adalah sebagai berikut. 1. Ciri-ciri cucak ijo jantan trotol atau bakalan - Alis mata berwaran kuning - Paruh bagian bawah berwarna coklat tua - Warna leher terdapat trotol atau bintik-bintik hitam 2. Ciri-ciri cucak ijo betina trotol atau bakalan - Alis mata berwarna putih atau kuning pudar - Paruh bagian bawah berwarna putih abu-abu - Warna leher berwarna hijau terang Meski ciri-ciri diatas bisa digunakan sebagai panduan dalam memilih cucak ijo bakalan, namun hal tersebut tidaklah mutlak. Ada kalanya ciri-ciri cucak ijo jantan dan betina diatas telah di manipulasi oleh para pedagang burung. Oleh karena itu, tetaplah waspada dalam membeli. Mengingat ciri-ciri cucak ijo jantan dan betina diatas masih kurang sempurna, ada baiknya kita tetap belajar dari pengalaman masing-masing tentang bagaimana cara membedakan cucak ijo jantan dan betina dengan tepat. Semoga bermanfaat

The post Ciri-Ciri Cucak Ijo Jantan dan Betina appeared first on Burung Kicauan.

]]>
https://burungkicauan.net/2017/01/16/ciri-ciri-cucak-ijo-jantan-dan-betina/feed/ 0
Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina https://burungkicauan.net/2017/01/16/cara-membedakan-anis-merah-jantan-dan-betina/ https://burungkicauan.net/2017/01/16/cara-membedakan-anis-merah-jantan-dan-betina/#respond Mon, 16 Jan 2017 06:11:27 +0000 http://burungkicauan.net/?p=30 Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina

Pada kesempatan ini, lagi-lagi masih seputar bagaimana cara membedakan jenis kelamin pada burung kicauan. Jikalau sebelumnya sudah diulas tentang ciri-ciri Murai Batu jantan dan betina, sekarang mari mengenal sedikit bagaimana cara membedakan Anis Merah jantan dan betina. Namun seperti biasanya, mohon dimaafkan jika informasi tentang cara membedakan anis merah jantan dan betina pada blog ini kurang akurat mengingat info yang ditulis hanya berdasar pada hasil pencarian di mesin pencari. Namun demikian, bukan berarti ciri-ciri anis merah jantan dan betina yang akan ditulis dibawah tidak layak untuk di pertimbangkan.

Sebelum lanjut pada cara membedakan anis merah jantan dan betina, alangkah baiknya untuk saya sampaikan bahwa tips dibawah hanya berlaku pada Anis Merah trotol atau Aniserah bakalan. Untuk cara membedakan Anis Merah jantan dan betina dewasa, sepertinya sangat sulit mengingat tidak ada ciri-ciri yang tampak dari morfologi burung tersebut.

Tidak perlu bertele-tele, berikut cara membedakan anis merah jantan dan betina yang masih trotol.

1. Ciri-ciri anis merah jantan
Untuk mengetahui apakah trotolan Anis Merah berkelamin jantan, kita cukup mengamati warna pada sayap. Biasanya, trotolan Anis Merah jantan memiliki warna sayap yang cukup mengkilap. Selain itu, pada bagian bulu disekitar sayap tidak terdapat warna kuning-kuningnya
2. Ciri-ciri anis merah betina
Untuk membedakan kelamin pada Anis Merah betina,
Trotolan Anis Merah betina biasanya memiliki warna sayap yang agak kusam dan disertai dengan warna-warna kuning pada bagian sayap. Biasanya, warna-warna kuning itu terdapat pada bulu sayap baik itu dari bulu yg paling kecil maupun pada bulu yg paling besar. Untuk jumlahnya, kurang lebih 5-6 helai.

Walau terlihat simple, namun cara membedakan anis merah jantan dan betina diatas cukup sulit untuk diaplikasikan. Jikalau para hobies masih bingung, sangat disarankan membeli anis merah jantan dari penangkar yang terpercaya. Atau jika memungkinkan, belilah Anis Merah yang sudah jadi.

Akhir kata, semoga cara membedakan anis merah jantan dan betina diatas bermanfaat bagi semua. Kritik dan saran tentang cara membedakan anis merah betina dan jantan sangatlah diharapkan.

The post Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina appeared first on Burung Kicauan.

]]>
Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina

Pada kesempatan ini, lagi-lagi masih seputar bagaimana cara membedakan jenis kelamin pada burung kicauan. Jikalau sebelumnya sudah diulas tentang ciri-ciri Murai Batu jantan dan betina, sekarang mari mengenal sedikit bagaimana cara membedakan Anis Merah jantan dan betina. Namun seperti biasanya, mohon dimaafkan jika informasi tentang cara membedakan anis merah jantan dan betina pada blog ini kurang akurat mengingat info yang ditulis hanya berdasar pada hasil pencarian di mesin pencari. Namun demikian, bukan berarti ciri-ciri anis merah jantan dan betina yang akan ditulis dibawah tidak layak untuk di pertimbangkan. Sebelum lanjut pada cara membedakan anis merah jantan dan betina, alangkah baiknya untuk saya sampaikan bahwa tips dibawah hanya berlaku pada Anis Merah trotol atau Aniserah bakalan. Untuk cara membedakan Anis Merah jantan dan betina dewasa, sepertinya sangat sulit mengingat tidak ada ciri-ciri yang tampak dari morfologi burung tersebut. Tidak perlu bertele-tele, berikut cara membedakan anis merah jantan dan betina yang masih trotol. 1. Ciri-ciri anis merah jantan Untuk mengetahui apakah trotolan Anis Merah berkelamin jantan, kita cukup mengamati warna pada sayap. Biasanya, trotolan Anis Merah jantan memiliki warna sayap yang cukup mengkilap. Selain itu, pada bagian bulu disekitar sayap tidak terdapat warna kuning-kuningnya 2. Ciri-ciri anis merah betina Untuk membedakan kelamin pada Anis Merah betina, Trotolan Anis Merah betina biasanya memiliki warna sayap yang agak kusam dan disertai dengan warna-warna kuning pada bagian sayap. Biasanya, warna-warna kuning itu terdapat pada bulu sayap baik itu dari bulu yg paling kecil maupun pada bulu yg paling besar. Untuk jumlahnya, kurang lebih 5-6 helai. Walau terlihat simple, namun cara membedakan anis merah jantan dan betina diatas cukup sulit untuk diaplikasikan. Jikalau para hobies masih bingung, sangat disarankan membeli anis merah jantan dari penangkar yang terpercaya. Atau jika memungkinkan, belilah Anis Merah yang sudah jadi. Akhir kata, semoga cara membedakan anis merah jantan dan betina diatas bermanfaat bagi semua. Kritik dan saran tentang cara membedakan anis merah betina dan jantan sangatlah diharapkan.

The post Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina appeared first on Burung Kicauan.

]]>
https://burungkicauan.net/2017/01/16/cara-membedakan-anis-merah-jantan-dan-betina/feed/ 0
Ciri Kacer Poci Jantan https://burungkicauan.net/2017/01/16/ciri-kacer-poci-jantan/ https://burungkicauan.net/2017/01/16/ciri-kacer-poci-jantan/#respond Mon, 16 Jan 2017 06:08:22 +0000 http://burungkicauan.net/?p=27 Ciri Kacer Poci Jantan, Kacer Poci Jantan,

Kacer (Copsychus Saularis) merupakan salah satu burung fighter dengan kicauan yang sangat merdu seperti murai batu. Baik kacer poci maupun kacer hitam, rata-rata memiliki kemampuan untuk menirukan kicauan burung lainnya. Oleh karenanya kacer poci dan kacer hitam sangat digemari di kalangan kicau mania Indonesia. Selain bagus untuk sekedar hobi, kacer dapat pula dipelihara untuk tujuan lomba, khususnya kacer putih atau dada putih. Sementara untuk kacer hitam, lebih sering kita jumpai sebagai burung kelangenan meski tidak jarang ada pemain yang membawanya ke arena lomba. Namun demikian, secara umum kacer hitam lebih memiliki nilai jual dibanding dengan kacer putih. Alhasil, banyak penangkar lebih memilih indukan kacer hitam dibanding dengan kacer poci.

Untuk mengetahui ciri kacer poci jantan, terutama jika burung tersebut sudah menginjak usia dewasa, sebenarnya tidak terlalu sulit. Warna dari keduanya sungguh sangat mencolok. Untuk lebih jelasnya, baca perbedaan / ciri kacer poci jantan dan kacer poci betina di bawah.

- Kacer putih jantan memiliki warna bulu hitam yang mengkilap, sementara warna bulu kacer putih betina cenderung kusam dan agak keabu-abuan.
- Pada bagian dada, kacer poci jantan memiliki warna hitam yang mengkilap, sementara si betina berwarna abu-abu.
- Kicauan kacer poci jantan cukup variatif dan lebih gacor, sebaliknya kacer poci betina memiliki kicauan yang monoton seperti cucak jenggot walau tidak semua betina bertipe demikian.
- Ukuran bodi kacer dada putih jantan biasanya lebih besar, sementara si betina lebih kecil. (namun ini tidak mutlak)
- Pada saat masih trotol, bagian dada kacer poci jantan di dominasi oleh trotol hitam dan kombinasi dengan warna putih kekuningan, sementara betina kombinasi trotol dengan warna putih keabu-abuan.

Mungkin hanya itu ciri-ciri singkat untuk membedakan kacer poci jantan atau kacer putih jantan. Kalau ada salah-salah kata, mohon di maafkan karena ciri-ciri diatas hanya berdasar pada penjabaran dari penjual burung beserta ulasan dari media.

Jika anda mengetahui ciri kacer poci jantan atau ciri kacer dada putih jantan yang belum ada di postingan ini, mohon untuk rela berbagi dengan yang lain. Wassalam dan semoga bermanfaat.

The post Ciri Kacer Poci Jantan appeared first on Burung Kicauan.

]]>
Ciri Kacer Poci Jantan, Kacer Poci Jantan,

Kacer (Copsychus Saularis) merupakan salah satu burung fighter dengan kicauan yang sangat merdu seperti murai batu. Baik kacer poci maupun kacer hitam, rata-rata memiliki kemampuan untuk menirukan kicauan burung lainnya. Oleh karenanya kacer poci dan kacer hitam sangat digemari di kalangan kicau mania Indonesia. Selain bagus untuk sekedar hobi, kacer dapat pula dipelihara untuk tujuan lomba, khususnya kacer putih atau dada putih. Sementara untuk kacer hitam, lebih sering kita jumpai sebagai burung kelangenan meski tidak jarang ada pemain yang membawanya ke arena lomba. Namun demikian, secara umum kacer hitam lebih memiliki nilai jual dibanding dengan kacer putih. Alhasil, banyak penangkar lebih memilih indukan kacer hitam dibanding dengan kacer poci. Untuk mengetahui ciri kacer poci jantan, terutama jika burung tersebut sudah menginjak usia dewasa, sebenarnya tidak terlalu sulit. Warna dari keduanya sungguh sangat mencolok. Untuk lebih jelasnya, baca perbedaan / ciri kacer poci jantan dan kacer poci betina di bawah. - Kacer putih jantan memiliki warna bulu hitam yang mengkilap, sementara warna bulu kacer putih betina cenderung kusam dan agak keabu-abuan. - Pada bagian dada, kacer poci jantan memiliki warna hitam yang mengkilap, sementara si betina berwarna abu-abu. - Kicauan kacer poci jantan cukup variatif dan lebih gacor, sebaliknya kacer poci betina memiliki kicauan yang monoton seperti cucak jenggot walau tidak semua betina bertipe demikian. - Ukuran bodi kacer dada putih jantan biasanya lebih besar, sementara si betina lebih kecil. (namun ini tidak mutlak) - Pada saat masih trotol, bagian dada kacer poci jantan di dominasi oleh trotol hitam dan kombinasi dengan warna putih kekuningan, sementara betina kombinasi trotol dengan warna putih keabu-abuan. Mungkin hanya itu ciri-ciri singkat untuk membedakan kacer poci jantan atau kacer putih jantan. Kalau ada salah-salah kata, mohon di maafkan karena ciri-ciri diatas hanya berdasar pada penjabaran dari penjual burung beserta ulasan dari media. Jika anda mengetahui ciri kacer poci jantan atau ciri kacer dada putih jantan yang belum ada di postingan ini, mohon untuk rela berbagi dengan yang lain. Wassalam dan semoga bermanfaat.

The post Ciri Kacer Poci Jantan appeared first on Burung Kicauan.

]]>
https://burungkicauan.net/2017/01/16/ciri-kacer-poci-jantan/feed/ 0
Ciri Ciri Ciblek Jantan https://burungkicauan.net/2017/01/16/ciri-ciri-ciblek-jantan/ https://burungkicauan.net/2017/01/16/ciri-ciri-ciblek-jantan/#respond Mon, 16 Jan 2017 06:05:48 +0000 http://burungkicauan.net/?p=25 Ciblek merupakan burung fighter kecil yang memiliki suara tembakan dahsyat. Jika burung ini telah cukup umur, dia bisa mengeluarkan suara ngebren yg benar-benar mirip dengan rentetan senjata AK-47. Sayangnya, tidak semua ciblek mampu mengeluarkan suara-suara tersebut. Hanya ciblek jantan yang memiliki kemampuan seperti itu. Oleh karenanya, jika kita ingin memelihara ciblek, sangat disarankan untuk memilih [&hellip

The post Ciri Ciri Ciblek Jantan appeared first on Burung Kicauan.

]]>
Ciblek merupakan burung fighter kecil yang memiliki suara tembakan dahsyat. Jika burung ini telah cukup umur, dia bisa mengeluarkan suara ngebren yg benar-benar mirip dengan rentetan senjata AK-47. Sayangnya, tidak semua ciblek mampu mengeluarkan suara-suara tersebut. Hanya ciblek jantan yang memiliki kemampuan seperti itu. Oleh karenanya, jika kita ingin memelihara ciblek, sangat disarankan untuk memilih ciblek jantan dibanding yang betina. Persoalanya, tidak mudah bagi kita untuk membedakan mana ciblek jantan atau ciblek betina. Ciri-ciri umum yang sudah kita ketahui terkadang telah dimanipulasi oleh para pedagang.

Namun demikian, ada baiknya kita untuk mengulas kembali apa saja ciri-ciri ciblek jantan dan betina supaya kita bisa berhati-hati dalam membeli. Dan berikut ciri-ciri umum dari burung kecil tersebut.

1. Ciri-ciri ciblek jantan

– Paruh atas dan bawah berwarna hitam pekat (termasuk paruh dalam ronga mulut)
– Ekor rapat dan panjang
– Warna bulu abu abu bagian kepala jelas (dileher abu abunya membentuk kalung)
– Suara (dominan nembak …ciblek….ciblek..ciblek…dan variasi lainnya)
– Tidak ada alis putih di atas dan bawah mata

2. Ciri-ciri ciblek betina

– Paruh atas hitam bagian bawah putih (termasuk rongga dalam mulut berwarna putih)
– Ekor mengembang dan pendek (menyerupai kipas)
– Warna bulu agak bagian kepala kuning kehijau hijauan (abu abu dileher tidak membentuk kalung)
– Jarang bersuara/ hanya bersuara cinenenen..cinenenn…
– Ada alis putih di atas dan bawah mata

Setelah mengetahui ciri-ciri umum dari ciblek jantan dan ciblek betina diatas, sekerang terserah kita semua apakah mau memelihara burung tersebut atau tidak. Andaikan berminat, pilihlah ciblek putih jantan dibanding ciblek kuning. Akan tetapi, semua kembali ke selera masing-masing individu. Yang jelas, ciblek putih jantan biasanya memiliki tembakan yang lebih panjang dibanding ciblek kuning.

Terakhir, semoga ciri-ciri ciblek jantan dan ciri-ciri ciblek betina diatas bermanfaat.

The post Ciri Ciri Ciblek Jantan appeared first on Burung Kicauan.

]]>
https://burungkicauan.net/2017/01/16/ciri-ciri-ciblek-jantan/feed/ 0
Ciri-Ciri Branjangan Jantan https://burungkicauan.net/2017/01/16/ciri-ciri-branjangan-jantan/ https://burungkicauan.net/2017/01/16/ciri-ciri-branjangan-jantan/#respond Mon, 16 Jan 2017 06:03:43 +0000 http://burungkicauan.net/?p=22 Ciri Branjangan Jantan, Branjangan Jantan

Apabila anda adalah salah satu penggemar branjangan atau calon penggemar burung yang bernama latin Mirafra Javanica ini, mungkin ada baiknya untuk mengetahui karakteristik atau ciri-ciri branjangan jantan terlebih dahulu. Ini cukup penting karena bagaimanapun juga, hanya branjangan jantan lah yang memiliki kicauan merdu dan kristal. Dan menurut beberapa sumber yang telah terkumpul, ternyata ciri-ciri branjangan jantan tidak terlalu sulit untuk di amati. Apa saja itu? Simak saja catatan singkat cara membedakan branjangan jantan dan betina di bawah ini.

1. Ciri-ciri branjangan jantan
- Bulu di kedua pipi membuka keluar
- Ada bulu halus di dada kalau ditiup

2. Ciri-ciri branjangan betina
- Bulu di kedua pipi cenderung rata dan tidak membuka keluar layaknya branjangan jantan
- Dada branjangan betina mulus tanpa ada tambahan bulu halus

Mungkin ciri-ciri branjangan jantan dan betina diatas masih kurang lengkap. Meski demikian, tidak ada salahnya dicoba ketika kita pergi ke pasar burung atau ke pengepul.

Jikalau kawan-kawan memiliki tips atau cara membedakan branjangan jantan dan betina, mohon jangan sungkan untuk berbagi disini. Semakin banyak ciri-ciri branjangan jantan yang kita ketahui, akan semakin bagus bagi para penghobi agar tidak tertipu ketika ingin membeli.

Wassalam dan semoga bermanfaat. Salam burung kicauan.

The post Ciri-Ciri Branjangan Jantan appeared first on Burung Kicauan.

]]>
Ciri Branjangan Jantan, Branjangan Jantan

Apabila anda adalah salah satu penggemar branjangan atau calon penggemar burung yang bernama latin Mirafra Javanica ini, mungkin ada baiknya untuk mengetahui karakteristik atau ciri-ciri branjangan jantan terlebih dahulu. Ini cukup penting karena bagaimanapun juga, hanya branjangan jantan lah yang memiliki kicauan merdu dan kristal. Dan menurut beberapa sumber yang telah terkumpul, ternyata ciri-ciri branjangan jantan tidak terlalu sulit untuk di amati. Apa saja itu? Simak saja catatan singkat cara membedakan branjangan jantan dan betina di bawah ini. 1. Ciri-ciri branjangan jantan - Bulu di kedua pipi membuka keluar - Ada bulu halus di dada kalau ditiup 2. Ciri-ciri branjangan betina - Bulu di kedua pipi cenderung rata dan tidak membuka keluar layaknya branjangan jantan - Dada branjangan betina mulus tanpa ada tambahan bulu halus Mungkin ciri-ciri branjangan jantan dan betina diatas masih kurang lengkap. Meski demikian, tidak ada salahnya dicoba ketika kita pergi ke pasar burung atau ke pengepul. Jikalau kawan-kawan memiliki tips atau cara membedakan branjangan jantan dan betina, mohon jangan sungkan untuk berbagi disini. Semakin banyak ciri-ciri branjangan jantan yang kita ketahui, akan semakin bagus bagi para penghobi agar tidak tertipu ketika ingin membeli. Wassalam dan semoga bermanfaat. Salam burung kicauan.

The post Ciri-Ciri Branjangan Jantan appeared first on Burung Kicauan.

]]>
https://burungkicauan.net/2017/01/16/ciri-ciri-branjangan-jantan/feed/ 0
Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina https://burungkicauan.net/2017/01/16/cara-membedakan-murai-batu-jantan-dan-betina/ https://burungkicauan.net/2017/01/16/cara-membedakan-murai-batu-jantan-dan-betina/#respond Mon, 16 Jan 2017 05:56:24 +0000 http://burungkicauan.net/?p=19 Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina, Murai Batu, Membedakan Murai Batu

Untuk hobies yang masih awam dengan murai batu, tentu sangat diperlukan pengetahuan tentang cara membedakan murai batu jantan dan murai batu betina, entah pada saat murai batu tersebut masih berusia trotol maupun sudah menjadi bakalan yang mau menginjak dewasa. Bagi sebagian orang, cara membedakan murai batu jantan dan betina sangatlah mudah, namun sebagian lain, menganggap bahwa hal tersebut sangat sulit mengingat ciri-ciri murai batu jantan dan murai betina hampir mirip. Sayangnya, prosentase hobies yang memiliki kesulitan untuk membedakan trotol murai batu cewek atau cowok lebih banyak ketimbang yang sudah fasih.

Namun demikian, berdasar dari berbagai sumber yang ada di internet, ada sedikit titik cerah bagaiman cara membedakan murai batu jantan dan betina. Dan berikut di bawah ini ciri-ciri yang cukup signifikan untuk membedakan murai jantan dan betina.

1. Ciri-ciri Murai Batu jantan :
- Bertubuh besar
- Memiliki warna bulu tegas yang hitam pekat pada bagian kepala dan punggung serta memiliki dada yang berwarna kecoklatan atau merah tua.
- Panjang ekor Murai Batu jantan biasanya lebih dari 17 cm.
- Pada saat berkicau, Murai Batu jantan mempunyai variasi yang cukup banyak dan tidak monoton, selain itu, volumenya sangatlah keras.

2. Ciri-ciri Murai Batu betina :

- Ukuran tubuhnya cukup kecil
- Memiliki warna bulu yang sedikit pudar hampir keabu-abuan dan tidak setajam Murai batu jantan. Namun, ada beberapa kasus dimana Murai Batu betina memiliki warna yang identik dengan jantan.
- Panjang ekor Murai Batu betina lebih pendek dari Murai jantan, panjangnya kurang lebih 10 s/d 15 cm, meskipun dalam beberapa kasus ada yang lebih panjang.
- Suara yang dimiliki Murai betina lebih kecil dan tipis dan tidak variatis, bahkan terkadang hanya ngeban-ngeban saja.

Mungkin ciri-ciri murai batu betina dan jantan diatas bisa digunakan sebagai pedoman dalam memilih Murai Batu trotolan ataupun bakalan meskipun informasinya masih belum lengkap.

Jika ada masukan atau info terbaru tentang cara membedakan murai batu jantan dan betina, posting ini akan secepatnya diperbarui. Selamat berburu murai batu!!

The post Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina appeared first on Burung Kicauan.

]]>
Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina, Murai Batu, Membedakan Murai Batu

Untuk hobies yang masih awam dengan murai batu, tentu sangat diperlukan pengetahuan tentang cara membedakan murai batu jantan dan murai batu betina, entah pada saat murai batu tersebut masih berusia trotol maupun sudah menjadi bakalan yang mau menginjak dewasa. Bagi sebagian orang, cara membedakan murai batu jantan dan betina sangatlah mudah, namun sebagian lain, menganggap bahwa hal tersebut sangat sulit mengingat ciri-ciri murai batu jantan dan murai betina hampir mirip. Sayangnya, prosentase hobies yang memiliki kesulitan untuk membedakan trotol murai batu cewek atau cowok lebih banyak ketimbang yang sudah fasih. Namun demikian, berdasar dari berbagai sumber yang ada di internet, ada sedikit titik cerah bagaiman cara membedakan murai batu jantan dan betina. Dan berikut di bawah ini ciri-ciri yang cukup signifikan untuk membedakan murai jantan dan betina. 1. Ciri-ciri Murai Batu jantan : - Bertubuh besar - Memiliki warna bulu tegas yang hitam pekat pada bagian kepala dan punggung serta memiliki dada yang berwarna kecoklatan atau merah tua. - Panjang ekor Murai Batu jantan biasanya lebih dari 17 cm. - Pada saat berkicau, Murai Batu jantan mempunyai variasi yang cukup banyak dan tidak monoton, selain itu, volumenya sangatlah keras. 2. Ciri-ciri Murai Batu betina : - Ukuran tubuhnya cukup kecil - Memiliki warna bulu yang sedikit pudar hampir keabu-abuan dan tidak setajam Murai batu jantan. Namun, ada beberapa kasus dimana Murai Batu betina memiliki warna yang identik dengan jantan. - Panjang ekor Murai Batu betina lebih pendek dari Murai jantan, panjangnya kurang lebih 10 s/d 15 cm, meskipun dalam beberapa kasus ada yang lebih panjang. - Suara yang dimiliki Murai betina lebih kecil dan tipis dan tidak variatis, bahkan terkadang hanya ngeban-ngeban saja. Mungkin ciri-ciri murai batu betina dan jantan diatas bisa digunakan sebagai pedoman dalam memilih Murai Batu trotolan ataupun bakalan meskipun informasinya masih belum lengkap. Jika ada masukan atau info terbaru tentang cara membedakan murai batu jantan dan betina, posting ini akan secepatnya diperbarui. Selamat berburu murai batu!!

The post Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina appeared first on Burung Kicauan.

]]>
https://burungkicauan.net/2017/01/16/cara-membedakan-murai-batu-jantan-dan-betina/feed/ 0
Cara Menjinakkan Kacer Poci / Kacer Hitam https://burungkicauan.net/2017/01/16/cara-menjinakkan-kacer-poci-kacer-hitam/ https://burungkicauan.net/2017/01/16/cara-menjinakkan-kacer-poci-kacer-hitam/#respond Mon, 16 Jan 2017 04:53:51 +0000 http://burungkicauan.net/?p=16 Cara Menjinakkan Kacer Poci / Kacer Hitam

Banyak di antara para kicau mania merasa kesulitan mencari cara untuk menjinakkan kacer, entah itu kacer poci maupun kacer hitam. Apa sebab? Kacer-kacer tersebut biasanya Mudah Hutan. Sehingga apabila perawatan awal tidak tepat sasaran, burung tersebut bukanya makin jinak malah makin giras. Sayangnya, tidak ada aturan baku dalam masalah ini. Setiap orang biasanya memiliki cara yang berbeda-beda dalam menjinakkan kacer. Dan jeleknya, tidak semua pendapat yang ada bisa di aplikasikan ke burung kacer kita masing-masing. Perlu adanya modifikasi yang harus disesuaikan dengan kondisi burung pada saat “ini”.

Namun, secara garis besar, cara menjinakkan kacer poci atau kacer hitam adalah sbb:

  • Jika burung masih terlihat stress, asingkan terlebih dahulu ketempat yang sepi hingga burung terlihat nyaman di sangkarnya
  • Mandikan kacer secara rutin (pagi/sore) sampai basah kuyup.
  • Kondisikan burung dalam keadaan lapar lalu kasih extra fooding jangkrik menggunakan tangan. Jika burung belum berani mematuk jangkriknya, ajari perlahan-lahan dengan bantuan lidi. Jangkrik di matiin lalu di taruh di ujung lidi. Setelah itu baru kita kasih ke burung. Untuk permulaan, mungkin bisa memakai lidi yang panjang. Kemudian berangsur-angsur menggunakan lidi yg sedang, pendek dan dicoba lewat tangan langsung
  • Hindari pengerodongan kecuali pada malam hari.
  • Gantang di tempat yang ramai dilalui oleh orang.
  • Gantang di tempat yg rendah (sebagai rujukan mungkin bisa 1 meter diatas permukaan tanah)
  • Ini cara terkahir jika cara-cara diatas tidak mempan. Titipkan burung tersebut ke family atau teman yg memiliki kios di pasar tradisional. Dengan digantang dipasar, biasanya dalam kurun 1 bulan, kacer poci atau kacer hitam muda hutan akan segera beradaptasi dengan lingkungan.

Woke, saya rasa cuma itu saja cara menjinakkan kacer poci dan kacer hitam yang saya ketahui. Selanjutnya terserah anda dan good luck! Cara diatas bisa juga untuk di aplikasikan ke burung lain seperti ciblek maupun cucak jenggot.

The post Cara Menjinakkan Kacer Poci / Kacer Hitam appeared first on Burung Kicauan.

]]>
Cara Menjinakkan Kacer Poci / Kacer Hitam

Banyak di antara para kicau mania merasa kesulitan mencari cara untuk menjinakkan kacer, entah itu kacer poci maupun kacer hitam. Apa sebab? Kacer-kacer tersebut biasanya Mudah Hutan. Sehingga apabila perawatan awal tidak tepat sasaran, burung tersebut bukanya makin jinak malah makin giras. Sayangnya, tidak ada aturan baku dalam masalah ini. Setiap orang biasanya memiliki cara yang berbeda-beda dalam menjinakkan kacer. Dan jeleknya, tidak semua pendapat yang ada bisa di aplikasikan ke burung kacer kita masing-masing. Perlu adanya modifikasi yang harus disesuaikan dengan kondisi burung pada saat “ini”. Namun, secara garis besar, cara menjinakkan kacer poci atau kacer hitam adalah sbb:
  • Jika burung masih terlihat stress, asingkan terlebih dahulu ketempat yang sepi hingga burung terlihat nyaman di sangkarnya
  • Mandikan kacer secara rutin (pagi/sore) sampai basah kuyup.
  • Kondisikan burung dalam keadaan lapar lalu kasih extra fooding jangkrik menggunakan tangan. Jika burung belum berani mematuk jangkriknya, ajari perlahan-lahan dengan bantuan lidi. Jangkrik di matiin lalu di taruh di ujung lidi. Setelah itu baru kita kasih ke burung. Untuk permulaan, mungkin bisa memakai lidi yang panjang. Kemudian berangsur-angsur menggunakan lidi yg sedang, pendek dan dicoba lewat tangan langsung
  • Hindari pengerodongan kecuali pada malam hari.
  • Gantang di tempat yang ramai dilalui oleh orang.
  • Gantang di tempat yg rendah (sebagai rujukan mungkin bisa 1 meter diatas permukaan tanah)
  • Ini cara terkahir jika cara-cara diatas tidak mempan. Titipkan burung tersebut ke family atau teman yg memiliki kios di pasar tradisional. Dengan digantang dipasar, biasanya dalam kurun 1 bulan, kacer poci atau kacer hitam muda hutan akan segera beradaptasi dengan lingkungan.
Woke, saya rasa cuma itu saja cara menjinakkan kacer poci dan kacer hitam yang saya ketahui. Selanjutnya terserah anda dan good luck! Cara diatas bisa juga untuk di aplikasikan ke burung lain seperti ciblek maupun cucak jenggot.

The post Cara Menjinakkan Kacer Poci / Kacer Hitam appeared first on Burung Kicauan.

]]>
https://burungkicauan.net/2017/01/16/cara-menjinakkan-kacer-poci-kacer-hitam/feed/ 0
Harga Cucak Jenggot Menggila https://burungkicauan.net/2017/01/16/harga-cucak-jenggot-menggila/ https://burungkicauan.net/2017/01/16/harga-cucak-jenggot-menggila/#respond Mon, 16 Jan 2017 04:47:15 +0000 http://burungkicauan.net/?p=13 Harga Cucak Jenggot Menggila, Cucak Jenggot, Harga Cucak Jenggot,

Setahun yang lalu, jumlah gantangan untuk kelas cucak jenggot bisa di hitung dengan jari. Namun, pada tahun 2011 ini kenyataan tersebut justru berbanding terbalik. Entah di event sekelas latber ato lomba sekalipun, kelas Cucak Jenggot selalu di penuhi oleh peserta, terutama untuk daerah Jawa Tengah dan Jakarta. Mungkin, fenomena ini pun terjadi untuk daerah-daerah lain.

Yang lebih mencengangkan, harga cucak jenggot menggila layaknya kapas tembak yang sudah ngetrend terlebih dahulu. Menurut beberapa sumber, harga Cucak Jenggot eks lomba bisa mencapai 20 juta. Bahkan, harga Cucak Jenggot bakalan dan rumahan pun ikut menggila. Di beberapa pasar burung, harga bakalan yang semula berkisar antara 60-80 ribu, sekarang mulai naik menjadi 120-150.

Untuk burung rumahan yang memiliki volume keras, crecetan tajam rapet dan isian komplit, harganya bisa mencapai 1 jutaan meski belum pernah turun ke lapangan sekalipun.

Apakah trend Cucak Jenggot pada saat ini akan bertahan sampai lama? Kita tunggu saja 1-2 tahun kedepan. Semoga saja Cucak Jenggot mampu menyaingi kapas tembak ato bahkan Anis Merah bukan hanya dalam hal harga, tapi juga ketenaran heuheue…

Sumber: KM

The post Harga Cucak Jenggot Menggila appeared first on Burung Kicauan.

]]>
Harga Cucak Jenggot Menggila, Cucak Jenggot, Harga Cucak Jenggot,

Setahun yang lalu, jumlah gantangan untuk kelas cucak jenggot bisa di hitung dengan jari. Namun, pada tahun 2011 ini kenyataan tersebut justru berbanding terbalik. Entah di event sekelas latber ato lomba sekalipun, kelas Cucak Jenggot selalu di penuhi oleh peserta, terutama untuk daerah Jawa Tengah dan Jakarta. Mungkin, fenomena ini pun terjadi untuk daerah-daerah lain. Yang lebih mencengangkan, harga cucak jenggot menggila layaknya kapas tembak yang sudah ngetrend terlebih dahulu. Menurut beberapa sumber, harga Cucak Jenggot eks lomba bisa mencapai 20 juta. Bahkan, harga Cucak Jenggot bakalan dan rumahan pun ikut menggila. Di beberapa pasar burung, harga bakalan yang semula berkisar antara 60-80 ribu, sekarang mulai naik menjadi 120-150. Untuk burung rumahan yang memiliki volume keras, crecetan tajam rapet dan isian komplit, harganya bisa mencapai 1 jutaan meski belum pernah turun ke lapangan sekalipun. Apakah trend Cucak Jenggot pada saat ini akan bertahan sampai lama? Kita tunggu saja 1-2 tahun kedepan. Semoga saja Cucak Jenggot mampu menyaingi kapas tembak ato bahkan Anis Merah bukan hanya dalam hal harga, tapi juga ketenaran heuheue… Sumber: KM

The post Harga Cucak Jenggot Menggila appeared first on Burung Kicauan.

]]>
https://burungkicauan.net/2017/01/16/harga-cucak-jenggot-menggila/feed/ 0
Ciri Cucak Rowo Jantan dan Betina https://burungkicauan.net/2017/01/16/ciri-cucak-rowo-jantan-dan-betina/ https://burungkicauan.net/2017/01/16/ciri-cucak-rowo-jantan-dan-betina/#respond Mon, 16 Jan 2017 04:36:43 +0000 http://burungkicauan.net/?p=8 Ciri Cucak Rowo Jantan dan Betina, Cucak Rowo

Cucak Rowo atau Cucak Rawa merupakan burung dengan ukuran sedang. Bila di ukur dengan seksama, panjang tubuh cucak rowo (dari kepala sampai ujung ekor) sekitar 28cm, tak jauh beda dengan cucak jenggot. Cucak Rowo atau Pycnonotus zeylanicus, seperti nama yang disandangnya memiliki habitat asli disekitar rawa, tepian sungai atau tepian hutan. Ciri-ciri umum dari burung cucak rowo adalah sebagai berikut:

  • Memiliki mahkota dan penutup telinga dengan warna jingga atau kuning jerami pucat.
  • Pada bagian mata terdapat garis horizontal berwarna hitam.
  • Pola bulu pada bagian belakang adalah kombinasi coklat zaitun dengan corat coret putih.
  • Warna bulu sayap dan bulu ekor merupakan kombinasi warna hijau dan coklat zaitun.
  • Terdapat warna putih pada bagian dagu / tenggorokan.
  • Warna bulu dada dan leher adalah kombinasi warna abu-abu dan corat coret putih.
  • Warna bulu pada bagian perut abu-abu.
  • Warna bulu bagian pantat kuning.

Sementara cara membedakan cucak rowo jantan dan betina dapat dilakukan dengan mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang ada. Dan berikut dibawah ini ciri-ciri cucak rowo jantan dan betina.

1. Ciri Cucak Rowo Jantan

  • Bentuk kepala cucak rawa jantan cenderung bulat. Selain itu, bagian dahi cucak rowo jantan agak menonjol,dan setelah memasuki usia dewasa, pada bagian kepala dapat ditemui adanya belahan bulu
  • Bulu ekor cucak rowo jantan terlihat cukup panjang
  • Bulu leher bagian depan, atau tepatnya di bawah dagu, memiliki warna yang putih bersih
  • Bulu punggung dan sayap cucak rowo jantan berwarna coklat ke abu-abuan dengan corat-coret berwarna putih
  • Bunyi kicauan cucak rowo jantan sangat nyaring dan keras
  • Penampilan cucak rowo jantan sangat lincah dan energik
  • Supit udang cucak rowo jantan sangat rapat dan keras
  • Tubuh cucak rowo jantan cenderung lebih besar

2. Ciri Cucak Rowo Betina

  • Bentuk kepala cucak rawa betina cenderung pipih. Selain itu, setelah usia cucak rowo betina menginjak dewasa, pada bagian kepala tidak terdapat belahan bulu.
  • Bulu ekor cucak rowo betina tidak panjang
  • Bulu leher bagian depan, atau tepatnya di bawah dagu, memiliki warna putih ke abu-abuan
  • Bulu punggung dan sayap cucak rowo betina berwarna coklat ke kuning kuningan dengan kombinasi garis-garis pendek berwarna putih
  • Bunyi kicauan cucak rowo betina cukup nyaring tetapi tidak begitu keras
  • Penampilan cucak rowo betina tidak energik
  • Supit udang cucak rowo betina lebih renggang dan agak lemas
  • Tubuh cucak rowo betina lebih kecil

Meski penjabaran ciri-ciri cucak rowo jantan dan betina diatas masih kurang dari sempurna, tetapi diharapkan semoga ini bisa menjadi panduan dasar bagi para pemula yang tertarik untuk memelihara atau menangkarkan burung cucak rawa.

The post Ciri Cucak Rowo Jantan dan Betina appeared first on Burung Kicauan.

]]>
Ciri Cucak Rowo Jantan dan Betina, Cucak Rowo

Cucak Rowo atau Cucak Rawa merupakan burung dengan ukuran sedang. Bila di ukur dengan seksama, panjang tubuh cucak rowo (dari kepala sampai ujung ekor) sekitar 28cm, tak jauh beda dengan cucak jenggot. Cucak Rowo atau Pycnonotus zeylanicus, seperti nama yang disandangnya memiliki habitat asli disekitar rawa, tepian sungai atau tepian hutan. Ciri-ciri umum dari burung cucak rowo adalah sebagai berikut:
  • Memiliki mahkota dan penutup telinga dengan warna jingga atau kuning jerami pucat.
  • Pada bagian mata terdapat garis horizontal berwarna hitam.
  • Pola bulu pada bagian belakang adalah kombinasi coklat zaitun dengan corat coret putih.
  • Warna bulu sayap dan bulu ekor merupakan kombinasi warna hijau dan coklat zaitun.
  • Terdapat warna putih pada bagian dagu / tenggorokan.
  • Warna bulu dada dan leher adalah kombinasi warna abu-abu dan corat coret putih.
  • Warna bulu pada bagian perut abu-abu.
  • Warna bulu bagian pantat kuning.
Sementara cara membedakan cucak rowo jantan dan betina dapat dilakukan dengan mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang ada. Dan berikut dibawah ini ciri-ciri cucak rowo jantan dan betina. 1. Ciri Cucak Rowo Jantan
  • Bentuk kepala cucak rawa jantan cenderung bulat. Selain itu, bagian dahi cucak rowo jantan agak menonjol,dan setelah memasuki usia dewasa, pada bagian kepala dapat ditemui adanya belahan bulu
  • Bulu ekor cucak rowo jantan terlihat cukup panjang
  • Bulu leher bagian depan, atau tepatnya di bawah dagu, memiliki warna yang putih bersih
  • Bulu punggung dan sayap cucak rowo jantan berwarna coklat ke abu-abuan dengan corat-coret berwarna putih
  • Bunyi kicauan cucak rowo jantan sangat nyaring dan keras
  • Penampilan cucak rowo jantan sangat lincah dan energik
  • Supit udang cucak rowo jantan sangat rapat dan keras
  • Tubuh cucak rowo jantan cenderung lebih besar
2. Ciri Cucak Rowo Betina
  • Bentuk kepala cucak rawa betina cenderung pipih. Selain itu, setelah usia cucak rowo betina menginjak dewasa, pada bagian kepala tidak terdapat belahan bulu.
  • Bulu ekor cucak rowo betina tidak panjang
  • Bulu leher bagian depan, atau tepatnya di bawah dagu, memiliki warna putih ke abu-abuan
  • Bulu punggung dan sayap cucak rowo betina berwarna coklat ke kuning kuningan dengan kombinasi garis-garis pendek berwarna putih
  • Bunyi kicauan cucak rowo betina cukup nyaring tetapi tidak begitu keras
  • Penampilan cucak rowo betina tidak energik
  • Supit udang cucak rowo betina lebih renggang dan agak lemas
  • Tubuh cucak rowo betina lebih kecil
Meski penjabaran ciri-ciri cucak rowo jantan dan betina diatas masih kurang dari sempurna, tetapi diharapkan semoga ini bisa menjadi panduan dasar bagi para pemula yang tertarik untuk memelihara atau menangkarkan burung cucak rawa.

The post Ciri Cucak Rowo Jantan dan Betina appeared first on Burung Kicauan.

]]>
https://burungkicauan.net/2017/01/16/ciri-cucak-rowo-jantan-dan-betina/feed/ 0